2018

Hallo selamat datang di Blog alakadarnya, yang mana tujuan awal gue bikin blog ini sebenernya buat nyari duit, tapi apalah daya yang gua dapet cuma capek dan bosennya doang. wkwk

Berhubung gue udah males ngurus blog ini secara serius, males ngisi konten-konten yang bermanfaat (katanya), ya akhirnya gue isi buat curhat aja. Daripada curhat ke orang lain, kebanyakan ga ngasih solusi, atau bahkan parahnya mereka ga paham masalah apa yang sedang gue alami.

Mulai dari artikel ini gue mau nyeritain kisah perjalanan hidup gue setelah lulus SMA/SMK, perjalanan yang bener-bener ngebuat gue sadar bahwa ternyata sistem kerja dunia itu ga semudah yang gue bayangin.

Gue lulusan SMK favorit di salah satu kabupaten di Jawa Tengah, meski sekolah favorit, tapi gue termasuk murid bandel yang sering bolos & gapernah ngerjain tugas, yang akhirnya gue lulus dengan nilai bobrok.

Gue lulus antara bulan Mei atau Juni pokonya dah lupa, setelah lulus gue bener-bener gapunya tujuan ini hidup mau dibawa kemana, mau kerja atau kuliah.

Tapi beruntungnya gue, gue ini lahir di keluarga yang bisa dibilang lebih dari mampu sehingga kedua orang tua gue pengen gue nerusin sekolah dan kalau bisa harus jadi abdi negara etdahhh.

Ya meskipun gue bandel dan bodoh secara akademik, tapi gue itu nurut banget sama orang tua. Setelah ngarahin gue buat kuliah aja, langsung gue okein dah tuh, dan gue bebas disuruh milih mau nerusin kemana, apakah mau kuliah kejuruan, profesi, kedinasan atau militer.

Nah disitu kebimbangan seorang bocah polos ini diuji, gue yang bener-bener gapunya tujuan atau pandangan mau ngapain, dikasih kebebasan buat milih pendidikan.

Awalnya gue berniat ngedaftarin diri di AKPOL karena persepsi gue anak AKPOL itu keren-keren, gampang banget buat dapetin cewek hahaha.

Namun niat tersebut gue urungin, karena ternyata setelah gue cek-cek syarat pendaftaran AKPOL untuk saat itu, diwajibkan lulusan SMA, jelas dong gue agak kecewa dikit kenapa harus SMA, emang SMK gaboleh jadi perwira polisi?

Daripada kelamaan galau karena gabisa daftar AKPOL, akhirnya gue coba-coba tanya ke temen pada mau nerusin kemana.

Nah ada tuh salah satu temen sekelas gue waktu SMK inisialnya D, si D ini udah punya tujuan mau nerusin pendidikan ke STTD, yaitu salah satu sekolah kedinasan dibawah naungan Kementrian Perhubungan.

Setelah dapet info tersebut, gue coba cek dan riset sendiri tentang alamat sekolah ini, terus jurusannya ada apa aja, pendidikan disana itu ngapain, terus dengan jurusan yang dipilih setelah lulus bisa jadi apa.

Nah dapet tuh gue salah satu jurusan favorit disana, yaitu LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan)/

Habis gue baca prospek kedepannya itu gue agak tertarik, dan gue langsung aja niatin daftar kesitu tanpa ada perbandingan lagi dengan sekolah atau kuliah lain. Ya namanya bocah polos nan tolol

Gue bilang ke orang tua gue dan mereka langsung setuju begitu aja

Singkat cerita gue lulus dengan mudahnya, yang mana padahal saat tes gue ga begitu niat dan beberapa kali telat datang, tapi tetep aja sih namanya rejeki mau gimana juga pasti dapet.

Kisah pendidikan gue di STTD dimulai saat masa orientasi ala militer gitu, seinget gue sih bulan September 2018, gue dianterin orang tua gue ke kampus STTD dengan begitu banyak perlengkapan kayak tas, baju, sepatu, piring, sendok dan peralatan bertahan hidup lain karena gue bakal menjalani pendidikan militer selama 1 bulanan disana.

2 minggu pertama pendidikan dilaksanakan di Bandung, Ciwidey.

Lo tau? gue bener-bener tersiksa disana, dan gue bener-bener nangis pengen pulang, anak mami bisa-bisanya diginiin.

2 minggu dengan suhu dibawah 15 derajat, tidur diatas tiker dalem tenda, tanpa selimut dan bantal, gue yakin lo semua juga bakal tersiksa dengan kondisi kayak gini.

2 minggu berlalu, pendidikan militer dipindahkan ke kampus dimana disana bisa dibilang lebih ringan karena gaperlu nahan dingin yang ekstrim.

Oiya, pendidikan selama 1 bulan ini kegiatannya tuh bener-bener kayak ala militer, mendekati tentara, gue gamau cerita gimana detailnya, lo tau sendiri lah gimana kerasnya pendidikan militer.

Lanjut cerita waktu di kampus STTD, metode pendidikan ospek disana sama aja dengan di ciwidey, tapi ribetnya tuh, kalo di ciwidey cuma diurus sama tentara, di kampus para senior STTD juga ikut ngampu, taulah gimana senior ngampu juniornya, pasti ada dendam tersendiri dalam diri mereka karena mereka dulu juga pernah ngalamin hal yang sama, makanya mereka ngelampiasin dendamnya ke junior mereka saat itu yaitu angkatan gue.

Mulai dari nyemplung selokan, guling-guling di aspal, merayap sampe sikut berdarah, push up tangan dikepal yang bikin tangan gue bener-bener bolong.

Pokonya mah nyiksa

Ospek militer selesai, baru dimulailah pendidikan yang sesungguhnya

Yaitu pendidikan ala kuliah pada umumnya di jam tertentu, dan setelah kuliah selesai dilanjut dengan pendidikan militer kayak apel, olahraga, dll

Disana gue beneran gabetah, karena disiplin dan hormat sama senior atau pengampu itu hukumnya wajib. yang mana lo tau gue orangnya bandel dan gasuka aturan

Dari sifat bandel gue itu, gue banyak dapet hukuman, kalo kalian pikir paling hukumannya itu cuma lari-lari doang sih bener, cuma yang bikin gue beneran nyesel masuk kesitu, yaitu adanya kekerasan bagi mereka yang melakukan pelanggaran kayak gue

Untuk hukuman lari itu dikasih sama pengampu, sedangkan kekerasan dilakuin sama senior

Biasanya kekerasan itu dilakuin pada jam-jam malem setelah semua kegiatan selesai, junio yang ngejalanin hukuman bakal dipanggil sama senior ke kamar mereka atau ke tempat-tempat gelap khusus yang emang udah biasanya dijadiin tempat buat mukulin junior.

Sebulan kan ada 30 hari tuh, 20 harinya gue lewatin buat dipukulin sama senior, anjing kan

berbulan bulan gue ngejalanin pendidikan layaknya maling ini, karena gue terus-terusan ngelakui pelanggaran.

Gimana ga ngelakui pelanggaran terus, jelas siangnya udah dihukum sama pengampu buat lari-lari yang beneran bikin mau pingsan, eh malemnya tambah dipukulin sama senior sampe mau mati.

Jelas dong paginya gue mending tidur dan ga ngikutin kegiatan, makanya dapet hukuman terus

Gue ngejalanin pendidikan ala maling ini sampe Agustus 2019, dan disini gue mulai gabetah, sehingga memutuskan buat kabur dari asrama kampus.

Diluar gue nginep di beberapa kosan temen, kalo siang tidur, malem jalan-jalan

Tapi selang 2 minggu, gue dijemput sama orang tua gue dan dibujuk buat balik lagi ke kampus, gue gamau dan akhirnya gue dibawa pulang ke rumah

Nah dirumah, gue dibawain psikolog tuh, gue didiagnosa stress atau apaan dah gue lupa, intinya gue punya trauma.

Dirumah gue ngabisin waktu sama satu-satunya sahabat inisialnya K. Dia satu satunya orang yang gue denger nasihanya, yang bahkan orang tua gue aja ga gue gubris

Dia bilang kalo gue harus kuat, harus tangguh, nyuruh gue buat nerusin pendidikan soalnya kasihan orang tua gue udah keluar duit buat biayain itu.

Ya akhirnya gue balik pendidikan lagi karena nasihat dari sahabat gue itu

Hari pertama di kampus, gue langsung dapet perlakuan yang sama dari pengampu ataupun senior, bahkan lebih keras, karena mereka bilang gue bandel tapi lemah, sampe kabur segala. dalem hati gue mah kalo mau pukul-pukulan ayo diluar kampus, mau pake metode preman sampe pake sajam ge gue jabanin orang gue anak STM anjassss

Tapi ya namanya junior mah mau di caci kek gimanapun tetep diem, daripada gue sendirian terus dipukulin senior 20 orang bisa mampus gue.

2 bulan ngejalanin pendidikan ala maling, gue putuskan untuk terakhirnya kalinya bahwa gue pengen keluar dari STTD.

Sama kayak metode sebelumnya, gue kabur dari asrama pas malem hari dan gue nginep di kosen temen, beda temen dari yang sebelumnya karena biar ga ketahuan orang tua gue

Sehari kabur gue langsung dicariin pihak kampus dan keluarga, bahkan orang tua gue nyuruh temennya polisi yang tugas di kota tempat gue nginep buat nyariin gue, udah kayak buronan nih pikir gue

Disana gue pindah-pindah kosan karena dilacak terus, dan kosan terakhir yang jadi tujuan singgah gue ada di temen masa kecil gue inisialnya F

Seminggu di kosan si F, sahabat gue si K ini nyamperin kesini naik bus karena khawati sama gue

Soalnya gue disana bener-bener hancur, gaada orang yang bisa ngertiin gue selain si F dan si K ini

Gue juga kecanduan judi Binary Option BINOMO dan habis duit kurang lebih 120 juta

gue bener bener hancur

Selang beberapa minggu, sahabat gue si K ini memutuskan buat pulang karena duit udah habis buat nemenin gue disini

Nah dikosan tinggal gue sama si F

Singkat cerita 1 minggu setelahnya gue dapet kabar dari rumah tempat gue tinggal kalo sahabat gue si K ini meninggal karena kecelakaan motor, disitu gue dan si F bener-bener syok ga nyangka.

Kabar itu gue dapet sekitar jam 3 pagi, dan jam 7 gue langsung berangkat pulang pake kereta

Sampe rumah sekitar jam 2 siang

tapi gue diem di stasiun agak lama, karena gue gaberani balik ke rumah, udah ngerasa bersalah sama orang tua, udah ngecewain, takut dimarahin.

Jam setengah 6 sore tuh gue baru berani pulang, dirumah gue langsung sujud minta maaf dikaki bapak dan ibu gue.

Gue pikir semuanya udah selesai karena gue udah minta maaf, tapi ternyata kekecewaan itu beneran awet, hampir tiap hari gue dapet ocehan dari orang tua gue.

Gue gabetah dirumah

Bahkan dipikiran gue saat itu, gue bisa jaya tanpa bantuan orang tua, gue bakal buktiin kalo jalan sukses bukan cuma dari abdi negara, dan gue niatin buat ga minta duit orang tua lagi

4 bulan gue menderita karena beneran gapunya duit wkwkwk, bahkan buat beli rokok aja gaada.

Tapi karena gue selalu ingat alesan gue pulang, gue harus mandiri, jangan nyusahin orang tua, gue udah bikin kecewa, gue harus bikin bangga dengan cara gue.

Itulah singkat cerita perjalanan hidup gue di 2018 yang sebenarnya jauh lebih rumit dan panjang dari ini, di artikel selanjutnya gue bakal nerusin cerita ini ke tahun 2019. terimakasih udah nyimak curhatan gue

Belum ada Komentar untuk "2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel